Pages

Kamis, 26 Februari 2015

UKHUWAH SUMBER KEKUATAN

Ukhuwah menurut Hasan Al Banna: “keterikatan hati dan jiwa satu sama lain dengan aqidah”. Aqidah sebagai asas pemersatu dan pengikat yang paling kokoh dan tinggi nilainya, sementara ikatan karena faktor keturunan, suku dan lain sebagainya bersifat temporer lokal dan dianggap rendah dalam pandangan Islam.                                                                                                                                        

                                       
Ukhuwah menjadi indikasi kekuatan iman seseorang. Hubungan yang dibangun di atas rasa cinta karena Allah SWT adalah hubungan yang positif. Sehingga orang yang mencintai karena Allah dapat berjalan dengan langkah yang kokoh untuk mewujudkan tujuan yang sama.
Menurut Hasan Al Banna kekuatan yang paling utama adalah adanya persatuan, sedangkan persatuan tidak akan terwujud tanpa adanya perasaan cinta.                                                                                                                                   
Ukhuwah adalah anugerah dariNYA , “ Dan berpegang teguhlah kamu  semuanya pada tali Allah, dan janganlah kamu bercerai berai, dan ingatlah nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu bermusuhan, lalu Allah mempersatukan hatimu, sehingga dengan karunia-NYA  kamu menjadi bersaudara, sedangkan kamu berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu dari sana. Demikianlah Allah menerangkan ayat- ayatNYA  kepadamu agar kamu mendapat petunjuk.”  QS. Ali ‘Imran 103

Ukhuwah akan  menimbulkan perasaan mendalam,  penuh kelembutan, kecintaan dan penghargaan yang timbal balik sehingga mendorong seorang Mukmin bersifat “itsar” mementingkan orang lain diatas dirinya inilah perwujudan tertinggi ukhuwah. Sebagai  contoh kasus Saad bin Rabi seorang Anshar yang dipersaudarakan oleh Rasulullah dengan Abdurrahman bin Auf saat hijrah ke Madinah. Ia menawarkan separuh hartanya dan salah satu istrinya untuk Abdurrahman bin Auf. Jika ia berkenan akan diceraikannya untuk dinikahi oleh Abdurrahman bin Auf, namun kebalikannya Abdurrahman bin Auf mempunyai sifat “iffah” . Ia hanya meminta ditunjukkan pasar untuk memulai berusaha sendiri.

Perwujudan terendah dari ukhuwah adalah dimilikinya “ salamatus shadr”, perasaan bersih hati, dada lapang dan tidak punya ganjalan apa-apa. Amr bin Ash dijamin masuk surga  karena memiliki sifat ini. Setiap menjelang tidur  ia berdoa dan memaafkan semua kesalahan orang padanya.

Langkah- langkah menuju ukhuwah yaitu:
  1. Ta’aruf, pengenalan. Tidak hanya sebatas fisik  juga mencakup pemikiran, ide, cita- cita, kecenderungan, emosi dan karakternya      
  2.  Tafahum, saling memahami. Berarti ada timbal balik. Sehingga kita suatu saat bisa mengerti  kenapa saudara kita bersifat dan berbuat seperti itu.
  3.   Ta’liful qulub, kesatuan hati.                                                                                                Dengan senantiasa mendoakan dan membayangkan wajah- wajah saudara kita, insyaallah hati kita akan dipersatukan oleh Yang Maha Menggenggam hati. Bahkan ada kisah Tabiin yang mencatat 300 nama sahabatnya yang selalu beliau doakan sehabis shalat yang memakan waktu hampir satu jam lebih.
  4. Ta’awun, saling tolong menolong. Landasannya adalah ikhlas tanpa ada rasa berat sekalipun ketika ada saudara kena musibah. Tanpa diminta kita akan segera mendoakan dan mengulurkan tangan padanya.                                                                        5. Takaful, senasib sepenanggungan. Sikap ini sampai ke tahap seolah- olah menyatu dengan daging saudaranya.
Hati yang dipenuhi keimanan dan perasaan cinta akan menyatu dan tarik menarik dengan hati yang sejenis. Mereka akan merasakan manisnya iman sehingga akan terwujud dalam kesatuan umat yang solid, sebaliknya jika persaudaraan diwarnai perselisihan, perpecahan dan bercerai berai maka akan mudah dihancurkan.

Rasa cinta dan tersenyum adalah suluhnya ukhuwah. Menurut  KH Gazali senyum disini adalah membuat saudara kita merasa bahagia, hilang rasa sedih dan susahnya. Menurut Arifin Ilham ukhuwah adalah kekuatan, jadi ayo kita jaga ukhuwah bersama-sama.

                                                                                           

0 komentar:

 

Translate

Diberdayakan oleh Blogger.

Blogroll

About