Pages

Minggu, 15 Februari 2015

DENGKI

   Dengki merupakan penyakit sosial dan psikologis yang berbahaya dan dapat merugikan penderitanya juga masyarakat.Dengki bermula dari rasa cemburu yang tidak segera disadari dan diobati sehinga mengakar ke dalam jiwa.

Alkisah,dulu ada seorang tetangga yang cemburu kepada tetangganya sendiri.Ketika tetangganya mendapatkan kebahagiaan atau keberuntungan,dia bersedih dan sakit hati.Sehingga menyebabkan kedengkian yang teramat sangat  dan mengantarkannya pada kematian.Konon di suatu hari dia menyusun rencana bersama pembantunya,bahwa pembantu itu harus membunuh dirinya dan bilang kepada semua bahwa yang telah membunuhnya adalah tetangganya.Ditangkap dan dipenjaralah tetangga yang telah difitnah itu. selang beberapa waktu datang sang pembantu mengakui bahwa yang telah membunuh majikannya adalah dirinya atas perintah majikan yang tidak suka melihat tetangganya bahagia.Dia mengakui semua kesalahannya dan rela menggantikan posisinya di penjara karena selama ini dia merasa bersalah dan selalu dihantui dosa sehingga hidupnya tidak tenang.

       Betapa sangat mengerikannya akibat dari kejahatan hati yang  dengki,bahkan dirinya  rela sakit dan menderita asal orang yang didengkinya menderita.

       Sungguh Allah,SWT sangat bijaksana dan menuntun hambanya untuk senantiasa berlindung kepadaNYA dari kejahatan yang bernama dengki ini.Sebagaimana firmanNYA “Dan dari kejahatan dengki apabila dia dengki." (QS. Al Falaq 5)

       Rasulullah,SAW pun bersabda:”Bukan dari golonganku orang yang pendengki dan orang yang suka mengadu domba. Betapa sangat meruginya ,dan sungguh kita termasuk orang yang bangkrut akibat ulah hati yang “dengki” .Ibarat kayu bakar yang habis tak bersisa dilahap api, karena dengki penghancur kebaikan.Orang yang dengki itu sangat susah ketika melihat orang lain senang dan sangat senang ketika melihat orang lain susah.Istilahnya “SMS” kalau kata Aa Gym.Susah melihat orang senang dan senang melihat melihat orang susah.

       Ketika sinya "SMS"ini terdeteksi ada di dalam hati segeralah diantisipasi sebelum menjadi penyakit hati yang kronis,yaitu dengan cara meningkatkan perasaan keagamaan,memperkuat aqidah.Karena orang yang aqidahnya kuat akan yakin bahwa Allah,SWT adalah sumber dari segala nikmat.Dia akan bersungguh-sungguh berusaha dan memohon kebaikan kepadaNYA serta sekuat tenaga .menjauhkan diri dari kedengkian.


0 komentar:

 

Translate

Diberdayakan oleh Blogger.

Blogroll

About